Menciptakan Sebuah Lagu

usmileid

          Lagu adalah sebuah karya seni musik yang di ciptakan oleh seseorang yang berkombinasi antara nada dan suara yang di iringi oleh alat musik semisal gitar maupun keyboard yang bisa di nikmati oleh diri sendiri maupun orang lain ada yang di komersialkan ada juga yang hanya sebatas koleksi pribadi atau kepuasan semata. lagu menjadi sebuah hal yang mungkin kita dengarkan setiap harinya di rumah. di mobil maupun di kantor karena dengan musik dan lagu ada sebagian orang yang merasa terhibur merasa senang dan ada yang bahkan bersemangat dalam menjalani aktivitasnya, ada banyak jenis lagu di antaranya adalah pop, rock, jazz, heavy metal,ska dan masih banyak lagi beragam jenis aliran musik.

         Yah era anak-anak SMP dan SMA saya dahulu pasti gak jauh-jauh dari main band, untuk isi acara di sekolah, kampus ataupun di RT, dan jaman sekolah dahulu sekitar tahun 2000-an acara musik maupun festival itu sering banget di adain dari mulai festival yang kelas kecil sampai yang sekala besar, jaman itu jadi anak band adalah sebuah kebanggan hehe.. apa lagi bisa manggung di acara sekolah maupun kampus dan di tonton oleh banyak cewe-cewe cantik.  Sambil menyelam minum air 😀  cari gebetan.

         Saya termasuk yang suka main band bersama temen-temen sekolah dulu, band yang pernah saya bawain antara lain alm. Andi liany, Bon jovi, Pas band, Metallica dan lagu buatan karya sendiri.

       Buat saya sehebat apapun kita bermain musik memainkan alat musik kita harus bisa membuat karya cipta lagu sendiri yang bisa di nikmati diri sendiri maupun orang lain, karena masa punya band dan ingin band ini besar tapi gak punya lagu sendiri 😀 . Bawain lagu orang lain selingin saja tapi percaya dirilah bisa membuat karya buatan sendiri dan lebih seneng lagi banyak yang menyukainya,

       Sepengalaman saya membuat lagu itu susah-susah gampang artinya tergantung mood yang ada, dan biasanya kalo saya sendiri lebih ketika perasaan ini sedang sedih atau terluka mudah untuk menciptakan sebuah lagu. Ada beberapa tahapan sih yang saya pernah lakukan antara lain :

  1. Biasanya lagu tercipta pas bagian Reff duluan
  2. Alat musik biasanya saya menggunakan gitar , nada yang saya suka dapet secara tiba-tiba setelah  nada di dapat biasanya saya rekan kalo dulu pake recorder kalo sekarang sih pake HP juga udah cukup gunanya supaya nada yang sudah kita temukan jangan lupa.
  3. Kemudian nada dan lirik saya masukin secara bersama kira-kira lirik nya harus pas dengan nada yang di dapat.
  4. Oiya biasanya lagu yang pernah saya ciptakan ada yang pop rock ada juga yang slow rock, yang metal pun juga ada.
  5. Setelah reff di dapat dan saya rasa cukup baik kemudian saya cari nada intro, dan jeda lagu
  6. Yang terakhir kita cari melodi gitar dan saya biasa membayangkan suara apa lagi yang bisa di masukin di lagu itu misal piano atau biola tergantung cocoknya apa.

        Menurut saya orang-orang yang pernah membuat lagu dan hits di indonesia itu termasuk orang yang bikin lagu termasuk orang yang creative gak mudah loh buat lagu, jika sekedar buat lagu mungikn gampang-gampang saja tapi kalo sudah masuk industri komersil dan targetnya bisa di terima pendengar itu harus extra kreatif.

Ada beberap judul lagu yang pernah saya buat dan mungkin saya sudah lupa lagu itu semua 😀

  1. Mimpi Indah (pop)
  2. Cinta Pertama (slow rock)
  3. Kenyataan Ini (pop rock)
  4. Perang (Metal)
  5. Di sini (Metal)
  6. Problema (pop ska)
  7. Kaulah (pop)
  8. Masihkah ada (pop rock)
  9. Dan masih banyak cuman lupa

         Dari sekian banyak yang tercipta hanya 2 yang baru bisa di recording yaitu “Cinta pertama dan Kenyataan ini” sebenernya sedang dalam proses recording yang berjudul mimpi indah tapi lagi-lagi waktu yang susah untuk di ajak kompromi di tambah lagi personil yang sudah menikah, sibuk dengan usahanya, kerja dll 😀 sebagian besar lirik itu dari pengalaman sendiri dan pengalaman cinta teman. Tapi untuk saat ini industri musik tidak seperti dulu sekarang band-band banyak yang tumbang yah mungkin karena salah satunya pembajakan yang tidak bisa di redam, mereka berkarya buat lagu tapi tidak di hargai, oleh sebab itu banyak band yang bubar dan memang tidak seprti jaman tahun 2000-an sekarang band bisa di hitung, adapun mereka mempublikasikan dirinya via medsos seperti youtube dll, karena untuk tayang di TV sudah mulai jarang , kalo dulu kan ada MTv dan sebagainya wah serulah ya jaman itu.

Ada 2 lagu yang saya pernah  upload di soundclound seperti ini lah hasilnya.. saya merasa sangat tidak puas dengan hasilnya berikut link lagunya :

Kenyataan Ini

 

 

Be the first to comment on "Menciptakan Sebuah Lagu"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


'); var MainContentW = 1000; var LeftBannerW = 147; var RightBannerW = 147; var LeftAdjust = 5; var RightAdjust = 5; var TopAdjust = 130; ShowAdDiv(); window.onresize=ShowAdDiv; }