Tips Menghindari Tilangan Dari Razia Polisi

usmile

Razia polisi pasti pernah mengalaminyakan? diberehentikan kendaraannya dan di periksa kelengkapan surat-surat kendaraan, yah razia yang bertujuan untuk Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas dan Angkutan Jalan diantaranya :

1.Terpenuhinya persyaratan teknis dan laik jalan Kendaraan Bermotor;
2.Terpenuhinya kelengkapan dokumen registrasi dan identifikasi pengemudi dan Kendaraan Bermotor serta dokumen Perizinan dan kelengkapan Kendaraan Bermotor angkutan umum;
3.Terdukungnya pengungkapan perkara tindak pidana; dan
4.Terciptanya kepatuhan dan budaya keamanan dan keselamatan berlalu lintas.

Akan tetapi masih saja pengendara kendaraan bermotor yang tidak melengkapi kelengkapan kendaraannya seperti STNK, spion tidak ada  SIM tidak punya, kalo ketemu razia polisi pasti orang-orang ini kabur terbirit-birit ada yang muter arah, ada yang sampe berlawanan arah, ada yang pura-pura berenti di warung, ada yang pura-pura motornya di tuntun karena mogok hehe ada sajalah ya,  bahkan ada kejadian ketika pengendara muter berlawanan arah si pemotor di tabrak oleh pengendara mobil dan akhirnya tewas. tragis bukan?

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan jika ada razia polisi di depan kita,

  1. Jika kita merasa punya kesalahan misal SIM sudah kadaluarsa kita janganlah panik berkendaralah dengan tenang walaupun hati dagdigdug 😀 yang perlu di perhatikan adalah jangan melakukan gerakan yang mencurigakan misal kita yang tadinya di sebelah kiri tiba-tiba belok agak kekanan dan ngumpet di belakang mobil atau metromini hehehe, ini jelas yakin pasti di berentikan, jalanlah yang sewajarnya kalo bisa deketin polisinya hehe,
  2. Berjalanlah dengan tenang dan ketika sudah sampai dekat tempat razia , berpura-puralah tanya alamat, “mohon maaf pak mau tanya jalan semangka no37 dimana ya pak? nah mungkin dengan cara ini bisa lolos dari razia 😀 .
  3. Lengkapi kendaraan kita misal spion, plat nomor, dan jangan lupa helm yang safety dari sisi luar keliatan lengkap dan tidak mencurigakan, pas di cek gak punya SIM heheh 😀 .
  4. Yang mau aman lagi adalah selain kita melengkapi semua kendaraan kita yang sesuai dengan aturan yang semestinya, kita juga harus melangkapi surat-surat jika tidak punya SIM yang bikinlah SIM, jika SIM nya sudah kadaluarsa sebelum habis masa berlaku sebaiknya perpanjang karena, perpanjangan SIM sekarang amatlah mudah tidak usah pake calo-caloan. 1 jam jadi.
  5. Jika perlengkapan kita semua lengkap sebenernya tidak perlu lagi ada yang di khawatirkan kan? mau di cek yah silahkan saja. lebih baik ikut aturan dari pada kucing-kucingan, kita bukan maling kok jadi kenapa harus main kucing-kucingan.
  6. Yang terakhir baca doa sebelum melakukan aktivitas, dan berkendara. berhati-hatilah berkendara karena keluarga di rumah menunggumu.

Sekian dulu tips yang mungkin tidak bermanfaat bagi pembaca.. sekian dan terimakasih.

 

Be the first to comment on "Tips Menghindari Tilangan Dari Razia Polisi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*