Pasang Akuarium di Komputer Kamu dengan CYGWIN

ikaaan

aqua3Halo usmiler šŸ™‚ kita ketemu lagi dengan berita-berita unik dan pastinya akan membuat kamu tersenyum disini. Kita akan mencoba pasang akuarium di komputer atau laptop. Pasang akuarium lha kok di komputer ??, gimana caranya ??. Kali ini kita akan melakukan percobaan sederhana bagaimana lingkungan/Ā environmentĀ pada komputer atau laptop kita ada ‘ikan’ nya šŸ˜€ . Tentu praktik ini kita buat se-sederhana mungkin agar mudah untuk di implementasi. Disamping ukuran aplikasi yang pastinya jauh lebih kecil daripada aplikasi di windows umumnya. Jadi.. ya sangatĀ recommendedĀ untuk kalian yang suka jenuh dengan kerjaan yang takkan pernah ada habisnya. Daripada kamu membeli akuarium aslinya untuk sekedar diletakkan di meja kantor, apalagi dengan bersusah payah mencari-cari jenis ikan yang layak untuk mengisi akuarium tersebut. Repot jika isinya hanya ikan leleĀ atau ikan sapu-sapu yang berpotensi merubah air menjadi hitam kelabu šŸ˜€ šŸ˜€ dan pastinya kamu akan berurusan dengan kebijakan kantor akan peraturan kebersihan ruangan. Mungkin akan terlalu teknis untuk kamu yang baru kenal teknologi šŸ˜€ . But let it go ( mirip lagu frozen šŸ˜› )

Berikut langkah-langkah singkat dan sederhananya :
1).Ā DownloadĀ danĀ installĀ aplikasiĀ third partyĀ cygwin di sini :Ā https://www.cygwin.com/
2). Pilih aplikasi dengan mengisikan paket-paket seperti perl, gcc*, make, curses pada tahap seperti berikut :
cygnus
3). Setelah langkah diatas selesai,Ā downloadĀ danĀ compileĀ aplikasi term-animation yang diperoleh pada alamat situs berikut ini :Ā http://search.cpan.org/~kbaucom/Term-Animation-2.6/lib/Term/Animation.pm
Kemudian ekstrak dengan menggunakan aplikasi winrar atau winzip kamu, lakukan tahap berikut padaĀ consoleĀ aplikasi cygwin :
~$ cd <direktori term-animation>
~$ perl Makefile.PL
~$ make
~$ make test
~$ make install
4). Aplikasi inti dan terakhir yang kita gunakan adalah asciiquarium yang dapat diperoleh disini :Ā http://www.robobunny.com/projects/asciiquarium/html/
Setelah kamuĀ download, eksekusi parameter berikut :
~$ tar -zxvf <asciiquarium>.tar.gz
~$ cd <direktori asciiquarium>
~$ chmod +x asciiquarium
~$ ./aasciiquarium
5). Buat alias pada home direktori kita agar lebih mudah untuk mengeksekusi ‘si akuarium’ ini. Buka file .bashrc pada /home/<nama_user_kamu> dan edit seperti berikut :
Hanya untuk contoh :
ascii

Kemudian Ā jalankan dengan mengetik kata ‘fish’ danĀ VOILA !!! .
usmile1
usmile3

TUTORIAL LANJUTAN :

Be the first to comment on "Pasang Akuarium di Komputer Kamu dengan CYGWIN"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*