Cara Membangun SMS Gateway yang Paling Mudah

sms_gateway

Assalamu’alaikum

Salam sejahtera Usmiler semuaaa 🙂 , kembali dengan informasi teknis dari usmile.id. Kali ini usmile.id akan berbagi informasi tentang cara bagaimana membangun SMS gateway yang paling mudah. Namun sebelumnya ada beberapa pertanyaan untuk kamu :
– Pernahkah kamu membuat autoreply (bisa balas otomatis) saat mendapatkan SMS ??
– Pernahkah kamu merubah isi SMS agar formatnya sesuai saat SMS otomatis dikirim ??
– Pernahkah kamu membuat SMS otomatis terkirim sesuai keinginan ??

Cara Membangun SMS Gateway Paling MudahSyaratnya mudah, kamu hanya harus bisa Linux dan punya modem 🙂 . Jika salah duanya kamu paham betul, pasti sangat mudah. Kenapa menggunakan linux ??, jika ada yang menjawab : “Saya kurang bisa om 😛 lebih familiar menggunakan windows”. Lalu jika kamu ingin membuat aplikasi tersebut bernilai jual atau di bisniskan apakah itu legal ??. Nah, kecuali jika kamu menggunakannya hanya sebatas iseng dan tidak ada kerjaan. Bahkan kamu bisa mengembangkan aplikasi tersebut hingga memiliki banyak fitur. Saya berasumsi kamu sudah kenal berbagai aplikasi sms gateway semisal Wammu and Gammu, Kannel, dan teman-teman nya. Kamu bisa lihat-lihat terlebih dahulu di situs berikut : Kannel SMS Gateway dan Wammu and Gammu.

Sebagai pengantar, saya sampaikan point2 berikut.
Yang pertama, siapkan sistem linux kamu 🙂 . Jika kamu terbiasa menggunakan linux Ubuntu dan turunan nya, silahkan saja.. atau menggunakan redhat, opensuse, atau bahkan slackware.. sah sah saja.
Kedua, sediakan modem yang akan digunakan sebagai media instalasi kartu GSM atau CDMA kamu.
Ketiga, jika tidak terlalu berlebihan, salin saja source nya pada artikel slideshare berikut, sebagai tambahan referensi yang lebih detail tentang tipe modem yang digunakan, bahasa pemrograman yang digunakan, model proses hingga tujuan kedepan yang mungkin bisa kita manfaatkan. Karena hal ini berhubungan dengan pengiriman pesan (messaging) dimana istilah-istilah semisal MO (Mobile Originating), MT (Mobile Terminating), REG, dan ACK (Acknowledgement) yang muncul jika kita berhubungan dengan corporate seperti content provider atau telco akan familiar kamu dapatkan.

Masih pusing ?? 🙂 .. wajar jika demikian di awal. Selanjutnya kamu akan merasakan bagaimana manfaatnya baik didalam dunia kerja (pastinya yang berhubungan dengan teknologi) dan dunia bisnis.

Jika ada yang ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dan 24 jam usmile admin akan selalu menjawab 🙂 .

Be the first to comment on "Cara Membangun SMS Gateway yang Paling Mudah"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*