Aktivitas Pasukan Antara Perang Badr Dan Perang Uhud

padang pasir

Perang Badr merupakan bentrokan bersenjata yang pertama kali antara orang-orang muslim dan musrik. Ini merupakan peperangan yang sangat menentukan, dengan kemenangan telak di pihak orang-orang muslim yang bisa disaksikan seluruh bangsa arab. sementara pihak yang diungulkan dalam peperangan ini justru harus menelan pil pahit dalam kerugian besar, yaitu orang-orang yahudi. Setelah orang-orang muslim memperolah kemenangan dalam perang Badr dua golongan ini merasa terbakar karena kebencian dan kedengkian terhadap orang-orang muslim.

Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. (Al-Maidah : 82

ada beberapa orang di mekah yang berteman karib dengan dua golongan ini yang masuk islam , karena mereka merasa tidak mendapatkan tempat yang aman lagi. Mereka adalah Abdullan Bin Ubay dan rekan-rekanya. Golongan yang ketiga ini tidak kalah bencinya terhadap orang-orang muslim dari pada golongan yang pertama.

Disana ada pula golongan ke empat, yaitu orang-orang badui yang tersebar di sekitar madinah mereka telah terlalu pusing dengan urusan iman dan kufur. Tetapi mereka toh adalah orang-orang yang suka merampas dan merampok. mereka justru merasa khawatir melihat kemenangan orang-orang muslim ini. mereka takut jika di madinah berdiri sebuah daulah yang kuat, sehingga bisa menjadi penghalang bagi kegiatan mereka, oleh karena itu merekapun mendengki terhadap orang-orang muslim dan berdiri sebagi musuh orang-orang muslim.

jadi seperti itu gambaran yang mengintip orang -orang muslim dari segala penjuru, sekalipun begitu golongan-golongan ini mempunyai sikap sendiri-sendiri dalam menghadi orang-orang muslim, setiap golongan memilih jalan sendiri-sendiri yang dirasa cukup untuk menggapai tujuannya. Selagi beberapa kekuatan di sekitar madinah masih mulai menampakkan pemberontakan terhadap islam, dengan cara-cara memata-mataidan mengintip, justru segolongan orang yahudi berani mengumumkan perang dan memperlihatkan kedengkian serta kebencianya. sementara itu kekuatan mekkah sudah menginsyaratkan ancaman dan mengumumkan untuk melakukan serangan besar-besaran. Untuk itu mengirim utusan mendatangi orang-orang muslim menyamoaikan hasrta mereka dengan menyatakan dalah sebuah syair ,

“kelas kan datang hari yang indahdan mengesankan setelah itu telingaku selalu mendengar  ratapan tangisan”

inilah langkah awal yang menuntun mereka ke peperangan yang seru, tak jauh dari madinah yang dikenal dalam sejarah dengan perang Uhud yang kemudian menimbulkan pengaruh kurang menyedapkan bagi ketenaran dan kehebatan orang-orang muslim.

Perang Bani Sulaim di Al-kudr

 Informasi yang pertaman kali masuk kepada rasulullah setelah perang badr, bahwa bani sulaim yang termasuk kabilah ghathafan menghimpun kekuatannya untuk menyerang madinah. Dengan mengerahkan dua ratus menunggang onta, Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam mendatangi mereka lalu menetap di dekat perkampungan Bani Sulaiman yang bernama Al-Kudr . Melihat kedatangan beliau mereka pun lari tunggang langgang menginggalkan lima ratus onta, yang kemudian dikuasai pasukan muslimin. Kemudian beliau membaginya setelah seperlimanya, sehingga setiap orang mendapatkan bagian dua ekor unta. Mereka juga menawan seorang pemuda yang bernama Yassar, namun kemudian dia bebaskan. Setelah menetap disana selama tiga hari , Nabi Shallallahu Alaihi Wa Sallam kembali ke madinah.

Peperangan ini terjadi pada bulan syawal 2 Hijriyah, selang tujuh hari sepulang dari Badr. Beliau mengangkat Siba’bin Arfazhah sebagi wakil beliau di madinah namun menurut pendapat lain dia adalah Ibnu Ummi Maktun.

-Sirah Nabawiyah-

Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri 

Be the first to comment on "Aktivitas Pasukan Antara Perang Badr Dan Perang Uhud"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*