Perseteruan Seru antara Tokoh Marvel versus DC

Perseteruan Seru antara Tokoh Marvel versus DC

Assalamu’alaikum usmiler

Kembali lagi dengan salah satu berita hiburan dari usmile.id, dimana kali ini kita akan berbicara tentang bagaimana kemiripan karakter dan cerita Marvel dengan DC. Perseteruan antara Marvel dan DC yang tidak hanya terjadi dari sisi persaingan bisnis film namun dari sisi cerita crossover dan karakter yang hampir-hampir mirip. Tentu kalian sudah nonton donk aksi Ben Affleck dan Henry Cavill dalam Batman vs Superman, atau Avengers Series garapan Marvel. Penulis berupaya menghilangkan sisi subjektif dengan menampilkan identitas morfologi tokoh dan memilih salah satu story dari tokoh tersebut yang dianggap menarik untuk diangkat. Simak saja beberapa komparasi berikut ini, let’s check these out

  1. Ant Man (Marvel) – The Atom (DC)
    satuOke, mari kita mulai pertama kali dengan yang ‘kecil-kecil’ dulu 🙂 . Tentu usmiler sudah nonton bagaimana Hank Pym dalam film Ant Man memiliki tentara semut dan lebah yang atas kendalinya membantu mengalahkan yellow jacket, dalam kisah Civil War pun kita juga kenal karakter Ant Man berada dalam pihak mana (meskipun kita tidak bisa membandingkan cerita komik dengan filmnya 🙂 ). Namun ternyata DC juga memiliki jagoan kecilnya sendiri yang sangat terkenal dalam seri komik DC Identity Crisis. Sang Profesor (Ray Palmer – The Atom) yang bisa mengubah tubuhnya menjadi seukuran mikroskopik tidak habis pikir bahwa istrinya sendiri yang membunuh istri dari sesama superhero DC – Elongated Man, sehingga dalam cerita identity crisis ini benar-benar ‘menelanjangi’ karakter-karakter dari DC dan menegaskan retaknya hubungan antar superhero DC yang tergabung dalam Justice League.
  2. Plastic Man (Marvel) – Elongated Man (DC)
    duaSetelah yang ‘kecil-kecil’, mari kita berbicara yang ‘panjang-panjang’ 🙂 . Yup, meskipun belum ada publisher Film yang menampilkan dua karakter ini, namun saya ingat (sekitar th.90-an) pernah ditayangkan seri film kartun dari Plastic Man. Sebenarnya ada lagi karakter serupa di fantastic four, yakni Reed Richards sebagai Mr. Fantastic namun saya lebih memilih plastic man karena karakter ini berdiri sendri tanpa terikat keanggotaan dari sebuah tim. Dua karakter yang mewakili masing-masing publisher ini memiliki keahlian memanjangkan seluruh anggota tubuh. Ralph Dibny (Elongated Man), merasa sangat beruntung memiliki seorang Sue Dibny – istri yang juga ikut bergabung me-support investigasi dari kasus yang dihadapi Justice League. Namun kisahnya berbalik 180 derajat dimana ia harus menerima kenyataan bahwa istrinya harus terbunuh dengan cara dirusak sarafnya, kemudian di tembak, lalu di bakar untuk menghilangkan jejak oleh Jean Loring – istri dari The Atom. Hingga sebelumnya Batman, Superman, Wonder Woman, hingga Green Arrow berani ‘menyiksa’ seluruh anggota dari Suicide Squad agar memberikan informasi siapa pelaku kasus tersebut. Nyatanya DC sukses menyajikan cerita yang memberikan efek tekanan batin karakternya dibandingkan dengan civil war yang berkutat diantara menjalankan tugas superhero sesuai birokrasi pemerintah ataukah bertindak sesuai nurani superhero-nya. (meskipun sempat ‘memberikan’ korban pada karakter Goliath dan membuka identitas siapa sebenarnya Tony Stark dan Peter Parker didepan khalayak umum)
  3. Hawkeye (Marvel) – Green Arrow (DC)
    tigaDua tokoh yang memiliki keahlian memanah. Sang ‘mata elang’ yang diperankan oleh aktor Jeremy Renner seringkali usmiler lihat dalam film Civil War, Avengers Series garapan Marvel. Namun siapa sangka DC juga memiliki jagoan dengan keahlian yang sama, Oliver Queen. Memiliki kisah yang heroik dimana ia berani ‘meyakinkan’ wally west – The Flash atas alasan mengapa Justice League berani menghapus ingatan Bruce Wayne dan Dr. Light . Green Arrow juga memiliki kedekatan personal sebagai sahabat dengan Hal Jordan (Green Lantern – yang kemudian bangkit kembali / resurrection menjadi The Spectre)
  4. Hulk (Marvel) – Superman (DC) 
    empat
    Hulk Smash !!!! Bruce Banner, hanyalah seorang pria lemah yang kekuatannya berbalik 180 derajat ketika berubah menjadi Hulk. Sinar Gamma merubah dirinya menjadi makhluk hijau yang ‘konon’ katanya lebih kuat dari Superman (yang memiliki kelemahan bersinggungan dengan batu krypton – bahkan sempat tewas oleh Doomsday) atau Venom (yang symbiote-nya memiliki kelemahan terhadap frekuensi bunyi). Nyaris tidak ada kelemahan pada si Makhluk Hijau ini kecuali saat ia kembali ke bentuk Bruce Banner-nya, dimana dirinya sempat di ungsikan ke Luar Angkasa oleh Dr. Strange dan tak dinyana, sang Hulk ternyata mampu beradaptasi dalam atmosfer luar angkasa dan berlatih strategi perang dengan komunitas disana, lalu ia berniat kembali ke bumi dan membalaskan dendam. Menghadapi makhluk hijau sekelas ini saja sudah buruk bagi Superman (baca kisahnya di Marvel vs DC), ditambah ia juga memiliki keahlian strategi dalam berperang 😐 . Namun ada sebuah kisah dalam serial What If dimana sang writer lewat karakter Punisher ‘membunuh’ Hulk saat tubuhnya kembali menjadi Bruce Banner (baca kisahnya dalam serial What If : The Punisher Kills The Marvel Universe). Bizarro ??, sepertinya masih belum sebanding.
  5. Spiderman (Marvel) – Superboy (DC)
    limaSebenarnya dua ikon dari masing-masing publisher ini memiliki kekuatan yang masih dalam ‘tahap perkembangan’ sejalan dengan usianya. Superboy-prime sang ‘Superman muda’ memiliki masalah dalam mengendalikan ego dan jiwa muda nya (kisahnya diangkat dalam Infinite Crisismenyambung kisah dari Crisis on Infinite Earths), dimana ia menjadi antagonis – bersama ‘The Young‘ Lex Luthor dalam polemik yang terjadi di dunia DC yang dimensinya terbagi-bagi.


    bersindikat dengan Lex Luthor dan Psycho-PirateMenyebabkan kegaduhan dengan membangkitkan villains DC semacam Mongul, Bizarro, Black Adam, Riddler, Tigra serta Deathstroke.

    Ia membunuh flash, bersindikat dengan Lex Luthor dan Psycho-PirateMenyebabkan kegaduhan dengan membangkitkan villains DC semacam Mongul, Bizarro, Black Adam, Riddler, Tigra serta Deathstroke. 
    Spiderman pun juga memiliki kisah yang tidak kalah menarik dimana musuh-musuh yang dihadapainya memiliki kekuatan luarbiasa mulai dari yang ahli bela diri (Shocker), power (Rhino), kekuatan listrik dan teknologi (Electro – Dr. Octopus), bisa terbang 🙂 (Vulture), kekuatan halusinasi (Mysterio), ahli merubah diri/ menyerupai (Chameleon), orang biasa namun ahli strategi (Kingpin – muncul juga di Daredevil), hingga symbiote (Venom dan Carnage). Sungguh musuh yang luarbiasa untuk seukuran laba-laba.

  6. Carnage (Marvel) – Joker (DC)
    enamSepertinya Marvel dan DC sama-sama memiliki pemikiran bahwa harus ada karakter ‘gila’ dan psikopat didalam daftar karakter yang harus mereka munculkan. Joker mungkin tidak akan asing lagi bagi usmiler lewat karakter yang muncul dalam film Batman yang diperankan oleh aktor Heath Ledger -RIP- dan Jared Letto. Namun siapakah Cletus Kasady ???. Seorang mantan napi yang memiliki gangguan jiwa ini secara kebetulan ‘dirasuki’ symbiote merah layaknya venom, namun tak disangka merupakan symbiote turunan dari induknya, yakni Venom namun memiliki kekuatan yang jauh lebih besar. Seorang diri saja sudah cukup menyeramkan, ditambah ia bersekongkol dengan Shrek (bukan shrek film yg itu loh 🙂 ) dan Doppleganger (Makhluk laba-laba seperti spiderman namun memiliki jumlah tangan yang lebih banyak dan mulut yang sangar.. Rrroooaarrrrrr  🙂 )
  7. Living Tribunal (Marvel) – Spectre (DC)
    tujuhDua makhluk kosmik ini sebenarnya jauh lebihh kuat dari superhero-superhero yang disebutkan diatas, karena secara hierarki komik – iconic branding, urutan pertama yang paling kuat (dan memiliki wewenang diatas semuanya) adalah sang artist dan sang writer sendiri 🙂 . Dibawah mereka barulah ada  One above all , skip 🙂 , skip :), kemudian si living tribunal dan spectre ini. Living tribunal merupakan makhluk kosmik – bukan kosmetik loh ya – berwajah tiga dimana masing-masing wajah mewakili kekuatannya. Sedangkan Spectre ini tidak lebih merupakan Spirit of Vengeance , dimana sebenarnya ia adalah seorang Green Lantern, cameo Hal Jordan yang telah wafat (untuk kemudian digantikan oleh Kyle Rayner).
  8. Thanos (Marvel) – Darkseid (DC)
    delapanYah, klw dijabarkan mengenai kekuatan dua makhluk ini, sepertinya tidak ada habisnya. Apalagi jika kemudian kita mengaitkannya dengan Galactus, sebenarnya siapa sih yang lebih kuat ??. Namun cukuplah dua publisher ini benar-benar memanjakan dan membuat semua pencinta komik marvel dan dc penasaran serta menerka – begitu juga dengan filmnya yg memiliki potensi jalan cerita berbeda dengan komik.

Sebenarnya ada banyak karakter yang memiliki kesamaan baik dari sisi sifat maupun bentuk. Semisal Quick Silver (Marvel) – the flash (DC) yang memiliki kecepatan, Batman (DC) – Capt. America (Marvel) yang memiliki bakat leadership, Martian Manhunter (DC) – Vision (Marvel), dan Green Lantern (DC) – Silver Surfer (Marvel) yang kekuatannya lebih merupakan pemberian dari majikannya, Thor (Marvel) dengan Shazam (DC),  Submariner (Marvel) dengan Aquaman (DC), Ironman (Marvel) dengan Cyborg (DC), kegilaan Deadpool (Marvel) dengan Deathstroke (DC) serta masih banyak lagi.

Namun cukuplah beberapa karakter yang disebutkan diatas membuat usmiler semua penasaran dan menambah sedikit informasi 🙂

Be the first to comment on "Perseteruan Seru antara Tokoh Marvel versus DC"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*