Malware Ransomware WannaCrypt Menyerang 74 Negara

malware

Assalamualaikum Wr.Wb

Baru baru ini dunia di hebohkan dengan malware komputer yang di kenal dengan Ransomware WannaCrypt  sebenarnya apa sih Ransomware WannaCrypt?  Ransomware WannaCrypt merupakan perangkat lunak berbahaya yang mengancam komputer / laptop anda dengan cara melakukan enkripsi/penguncian terhadap seluruh data yang ada di komputer anda sampai dengan anda membayarkan sejumlah tebusan tertentu ke pembuat perangkat lunak berbahaya tersebut.

Sistem operasi yang terdampak oleh serangan WannaCrypt adalah sistem operasi Microsoft Windows versi 8 ke bawah. Hingga kini WannaCrypt dilaporkan tidak menyerang gawai (smartphone dan tablet). Wannacrypt di kabarkan telah menyerang sistem rumah sakit,  bisnis termasuk Fedex, stasiun kereta api, universitas, dan lain sebagainya, malware ini hanya menyerang sistem operasi yang berbasis windows Sebagai tanggapan, Microsoft telah meluncurkan patch keamanan darurat untuk bertahan melawan malware tersebut untuk versi Windows yang tidak didukung, seperti XP dan Server 2003. Malware yang menyebar di seluruh jaringan dengan memanfaatkan kerentanan pada layanan file sharing Microsoft SMB. Ini secara khusus menyalahgunakan bug yang ditunjuk MS17-010.

walmare

 

Perangkat lunak yang buruk hari ini menyerang layanan kesehatan nasional Inggris, memaksa rumah sakit untuk menutup pasien non-darurat,  Dan banyak organisasi lainnya. Dalam apa yang tampak seperti salah satu serangan malware terbesar dalam ingatan terakhir, sebagian besar infeksi terjadi di Rusia   termasuk kementerian dalam negeri negara bagian.

Cara pencegahan serangan malware ini bisa di lakukan dengan berbagai cara antar lain :

  1. Lakukan Update security pada windows anda dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh Microsoft.Lihat : http://bit.ly/ms17010Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara download menggunakan komputer biasa, bukan komputer yang berperan penting.
  2. Lakukan update Antivirus, Contoh AV: Kaspersky Total Security, Eset, Panda, Symantec yang bisa download versi trial untuk 30 hari gratis dengan fungsi atau fitur penuh dan update. Pastikan AV meliputi ANTI RANSOMWARE.
  3. Non aktifkan fungsi SMB (Server Message Block) dan jangan mengaktifkan fungsi macros
  4. Blok Ports: 139 / 445 dan 3389

 

 

sumber :theregister.co.uk / kominfo.go.id

Be the first to comment on "Malware Ransomware WannaCrypt Menyerang 74 Negara"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*