Keutamaan dan Pahala Berpuasa Yang Perlu Diketahui

Keutamaan dan Pahala Berpuasa Yang Perlu Diketahui

Assalamu’alaykum usmiler,
Keutamaan dan Pahala Berpuasa Yang Perlu Diketahui. Untuk usmiler sekalian yang antusias menyambut bulan Ramadhan, semoga kita tetap dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apapun. Bagaimana puasa seakan-akan bersama nabi serta terasa begitu membekas. Tidak hanya didalam satu bulan itu saja, namun mampu membentuk perilaku dan akhlak yang mulia.

Sesungguhnya hakekat puasa tidaklah sekedar menahan rasa haus dan dahaga, namun menahan diri dari segala hawa nafsu yang terlarang untuk melatih dan mendidik jiwa sebagai upaya pendekatan diri pada Allah ta’ala.

Mengetahui keutamaan yang akan kita peroleh jika melakukan suatu amalan adalah salah satu faktor meningkatkan semangat dan motivasi dalam beribadah. Berikut beberapa keutamaan dalam berpuasa :

  1. Puasa sebagai perisai. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kepada orang yang diliputi oleh nafsu birahi untuk menikah, jika dia belum mampu untuk melaksanakan pernikahan tersebut agar berpuasa, dan menjadikan puasanya sebagai pengekang nafsu syahwatnya. Diriwayatkan oleh Al Bukhari (4/206) dan Muslim (1400) dari Ibnu Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu.
  2. Puasa dapat memasukkan seseorang ke dalam surga.
  3. Orang yang berpuasa akan mendapatkan pahala yang tidak terhitung nilainya.
  4. Bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dihadapan Allah daripada Bau Misik (Kesturi).
  5. Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafa’at bagi orang yang mengerjakannya. “Puasa dan Al-Qur’an itu akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata: “Wahai Tuhanku saya telah menahannya dari makan dan nafsu syahwat, karenanya berikanlah dia syafa’at karena aku, dan Al-Qur’an berkata, ”Saya telah menghalanginya dari tidur pada malam hari, karenanya berikanlah dia syafa’at karenaku.” Beliau bersabda, “Maka syafa’at keduanya diperkenankan.” (HR. Ahmad, Al-Hakim dan Abu Nu’aim)
  6. Puasa sebagai kaffarat (penebus dosa). Diantara keutamaan yang hanya dimiliki oleh ibadah puasa adalah bahwa Allah subhanahu wa Ta’ala telah menjadikan puasa sebagai penebus dosa bagi yang melakukan cukur kepala dalam ihram, karena adanya halangan baginya, baik karena sakit atau karena gangguan yang terdapat pada kepala. Atau kita bisa lihat masalah fidyah pada QS. Al-Baqarah: 196). Kita bisa mencari ayat-ayat Al-Qur’an di link berikut : Al-Qur’an
  7. Ar-Rayyan Disediakan Bagi Orang-Orang Yang Berpuasa. “Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat satu pintu yang diberi nama Ar-Rayyan. Dari pintu tersebut orang-orang yang berpuasa akan masuk dihari kiamat nanti dan tidak seorangpun yang masuk ke pintu tersebut kecuali orang-orang yang berpuasa. Dan apabila mereka masuk, maka pintu tersebut ditutup sehingga tidak ada seorangpun yang masuk melalui pintu tersebut, [Apabila orang yang terakhir diantara mereka sudah masuk, maka pintu itu akan ditutup. Dan barang siapa sudah masuk, dia akan minum, dan barang siapa sudah minum, maka dia tidak akan pernah haus selamanya].” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sesungguhnya orang yang berpuasa adalah yang menahan seluruh anggota tubuhnya dari perbuatan dosa, menjaga lidahnya dari perkataan dusta, berbicara keji dan berkata licik, menahan perutnya dari minuman dan makanan, serta kemaluannya dari perbuatan keji. Kalau harus berbicara, maka dia akan menyampaikan kata-kata yang tidak mengotori puasanya, dan kalau beraktifitas, maka dia akan melakukan aktifitas yang baik, sehingga ungkapan yang keluar adalah kata-kata yang baik dan perbuatannya pun berwujud amal yang shalih.

Akhir kata usmiler, semoga selama bulan Ramadhan kita dapat memperoleh keutamaan-keutamaan seperti yang dituliskan diatas dengan motivasi yang berlipat. Niat saja tidak cukup, perlu kita tambah dengan amal berdasarkan bekal-bekal ‘ilmu yang kita peroleh baik kewajiban-kewajiban di bulan Ramadhan yang perlu kita penuhi, pengetahuan akan hikmah sahur, keutamaan untuk menyegerakan berbuka, ‘itikaf, sholat tarawih, Lailatul Qodr, zakat fithrah, dan lainnya.

Dengan bekal ‘ilmu yang cukup, semoga kita memperoleh keutamaan bulan Ramadhan dengan puasa yang berkualitas. Aamiin.

Salam

Be the first to comment on "Keutamaan dan Pahala Berpuasa Yang Perlu Diketahui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*