Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

mudik

Assalamualaikum Wr.Wb

Bulan ramadan tinggal beberapa jam kedepan akan meninggalkan kita semua, dipenghujung bulan ramadan biasanya orang-orang sibuk mempersiapkan menyambut datangnya hari raya idul fitri ada yang beli baju lebaran, ada yang bikin kue dan sebagainya dan yang tidak kalah penting adalah orang-orang yang sudah mempersiapkan ingin merayakan hari idul fitri bersama keluarga di kampung halamanya masing-masing. Nah kadang jika rumah kita tinggalkan begitu lama ada rasa khawatir dengan keadaan rumah jika di tinggalkan lama-lama tapi disisi lain mudik adalah hal yang memang sudah rutinitas tahunan, ada beberapa tips yang mungkin bisa di ikuti oleh sobat usmiler sebelum meninggalkan rumah.

  1. Pastikan sebelum mudik semua pintu terkunci dengan benar dan jendela sudah tertutup. 
  2. Pastikan sebelum mudik kran air sudah tertutup jangan sampe air masih mengalir tapi kita  sudah meninggalkan rumah alhasil air di bak mandi mengalir terus sampe kita pulang dan biaya air membengkak.
  3. Saklar yang tidak penting sebaiknya di matikan meminimalisir konsleting arus pendek
  4. Titipkan barang otomotife seperti motor ke penitipan motor atau jika tidak di titipkan  motor di kunci dan di gembok kemudian  kempeskan ban agar meminimalisir jika maling untuk susah menggondol motor.
  5. Simpan perhiasan atau emas berharga di safe deposte box di bank lebih aman.
  6. Pasang kamera CCTV  bohongan agar maling sudah takut duluan, atau bisa juga dengan memasang cctv online seperti layanan yang di punyai indihome       kita bisa memantau rumah kita selama terkoneksi internet.
  7. Titipkan rumah kosong kita kepada satpam / hansip atau tetangga yang tidak mudik.
  8. Perhatikan sebelum mudik kompor gas dalam keadaan baik tidak bocor.
  9. Pastikan sebelum mudik anggota keluarga tidak ada yang tertinggal di rumah 😀 .
  10. Menaruh sandal-sandal didepan pintu  seolah-olah dalam rumah itu ada penghuninya.
  11. Taruhlah kunci rumah di tempat yang aman jangan biasakan menaruh di bawah pot tanaman, titipkan kepada satpam atau tetangga yang bisa di percaya jika tidak ada lebih baik di bawa saja.
  12. Pasang lampu otomatis. Pasang lampu otomatis yang telah dilengkapi rangkaian elektronik yang mampu mendeteksi cahaya terang dan gelap sehingga akan dapat menyala pada malam hari dan pada siang hari akan mati dengan sendirinya, beli saja di toko penjual alat elektronik, terutama pada rumah bagian depan dan teras. Lampu yang menyala terus-menerus siang dan malam bertanda pemilik sedang tidak ada dirumah. Ini akan menarik perhatian pencuri.

Sekian semoga mudik usmiler semua lancar dan bisa bertemu dengan keluarga  di kampung halaman.. selamat hari raya Idul Fitri 1438 H mohon maaf lahir dan batin.

Be the first to comment on "Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*