Pemblokiran Telegram

telegram logo

Apakah kamu pengguna aplikasi telegram? yah baru-baru ini heboh dengan pemblokiran aplikasi telegram, pemblokiran telegram sudah dilakukan oleh pemerintah karena dengan alasan keamanan negara berdasarkan temuan dari Kementerian Kominfo dan Kementerian/Lembaga terkait telah ditemukan konten-konten yang tidak sesuai dengan perundang-undangan terutama konten yang menyangkut penyebaran radikalisme dan terorisme. Untuk itu Kementerian Kominfo mengirim permohonan kepada pihak Telegram untuk membersihkan konten-konten tersebut dari seluruh kanal yang difasilitasi oleh pihak Telegram. Pemblokiran hanya untuk web telegram tapi pengguna mobile masih bisa digunakan sampai saat ini. Adapun pemblokiran  Kominfo yakni t.me, telegram.me, telegram.org, core.telegram.org, desktop.telegram.org, macos.telegram.org, web.telegram.org, venus.web.telegram.org, pluto.web.telegram.org, flora.web.telegram.org, dan flora-1.web.telegram.org.

Sebenarnya saya masih bingung jika pembelokiran  telegram  dilakukan karena banyak sekali channel yang ada di layanan tersebut bermuatan propaganda radikalisme, terorisme, paham kebencian, ajakan atau cara merakit bom dan aplikasi ini diduga di gunakan oleh para teroris untuk melakukan aksi-aksinya dengan menggunakan aplikasi ini. Menurut pendapat pribadi penulis sebenarnya teroris bisa saja memakai aplikasi lain apa saja bukan hanya telegram tapi aplikasi lain banyak juga dan bisa dilakukan untuk berkomunikasi dan di gunakan  kegiatan terorisme. tapi kenapa hanya telegram di blokir? karena efek dari pemblokiran ini ada pro dan kontra akan kebijakan ini bagi pengguna telegram yang setiap harinya memakai aplikasi ini untuk bekerja pastinya akan menolak pembelokiran tersebut.

menu telegram

Bagi saya banyak sekali keunggulan telegran dibandingan aplikasi sejenis antara lain :

  1. Telegram bisa memuat jumlah anggota group  lebih banyak di bandingkan  dengan aplikasi sejenis telegram bisa menampung hingga 5 ribu anggota berbeda semisal dengan whatsup yang hanya bisa menampung kurang lebih 100 anggota
  2. Telegram lebih ringan di jalankan, penulis merasakanya sendiri mengirimkan message dengan telegram lebih cepat.
  3. Telegram yang merupakan aplikasi messenger berbasis cloud mempunyai proses sinkronisasi yang sangat bagus di bandingkan dengan whatsup jika kita ingin mengakses telegram  menggunkan komputer atau laptop kita tidak perlu mengaktifkan telegram di handphone kita, telegram kita sudah terkoneksi dengan baik, beda dengan whatsup jika internet handphone atau laptop kita tidak stabil whatsup susah untuk tersambung
  4. Telegram mempunyai fitur channel
  5. Telegram mempunyai fitur Bot fitur Bot adalah akun yang dijalankan oleh aplikasi (bukan) orang. Bot ini dilengkapi fitur AL (Artificial Intellegence–kecerdasan buatan). Bot dapat melakukan apa saja seperti game, broadcasting dan lain sebagainya buat saya Bot ini benar-benar sangat membantu saya dalam proses setiap harinya dalam pengecekan  kondisi server-server saya dikantor. jika ada hal-hal yang dianggap warning di server  bot ini akan mengirimkan  pemberitahuan dengan cepat.
  6. Telegram lebih interaktif  di bandingkan yang lain yah di telegram kita bisa bikin stiker sendiri semisal foto temen kita atau foto kita sendiri.. asyik bukan? jadi ketika mengirimkan pesan akan lebih interaktif 🙂  .

Saya rasa masih banyak kelebihan yang lain yang bisa dirasakan saat menggunakan apikasi ini 🙂 walaupun pastinya juga ada kekurangan semisal telegram belum dilengkapi dengan fitur video call dan voice call.

Pembelokiran layanan chating telegram menjadi perhatian serius CEO telegram dan pastinya pihak telegram berupaya agar aplikasi web telegram mereka tidak di blokir oleh pemerintahan Indonesia antara lain :

Pertama, pihak telegram mengatakan telah memblokir semua channel publik yang berhubungan dengan terorisme. Kedua pihak telegram telah menghubungi Kemenkominfo via e-mail untuk menjalin komunikasi personal, Ketiga Telegram sedang membentuk tim moderator khusus yang paham bahasa dan budaya Indonesia. Dengan begitu, laporan-laporan tentang konten berbau terorisme bisa diproses dengan lebih cepat dan akurat. 

Lagi-lagi terorisme kata yang kadang orang mengartikanya berbeda-beda.

 

Be the first to comment on "Pemblokiran Telegram"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*