Linux Server

linux logo

Sistem operasi linux sudah tidak asing lagi di telingan kita bahkan sudah banyak sekali pengguna linux di seluruh dunia terlebih lagi anak sekolah atau mahasiswa yang mengambil jurusan IT,  sistem operasi linux  memang sangat handal untuk di pakai sehari-hari terlebih di gunakan sebagai server di sebuah perusahaan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform,  Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.  Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya yaitu LINUS TORVALDS, di Universitas Helsinki, Finlandia yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi. Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dariMinix.
Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum pada tahun 1987.
Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari. Linux telah digunakan di berbagai domain, dari sistem benam sampai superkomputer, dan telah mempunyai posisi yang aman dalam instalasi server web dengan aplikasi LAMP-nya yang populer. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial lainya seperti windows.

Beberapa manfaat Linux adalah sebagai berikut:
Stabilitas: Tidak perlu melakukan reboot secara berkala untuk mempertahankan tingkat efisiensi. Sistem Linux, jika dikonfigurasikan secara akurat, umumnya dapat beroperasi hingga kegagalan perangkat keras atau sistem mati.
Efisiensi: Linux menawarkan kinerja tinggi yang konsisten pada jaringan dan server. Ia memiliki kemampuan untuk mengelola volume pengguna yang sangat besar serta koneksi paralel.
Keamanan: Linux memberikan keamanan terbaik. Firewall yang efisien serta sistem izin akses file serbaguna menghindari akses atau virus yang tidak diinginkan.
Jaringan: Ini menyediakan fitur jaringan yang luar biasa. Ini dapat disesuaikan untuk beberapa aplikasi selain aman.
Fleksibilitas: Karena bersifat open source, kode sumber sudah tersedia untuk semua pengguna. Pengguna dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan mereka.
Dukungan Teknis: Linux menawarkan beberapa dukungan teknis terbaik yang tersedia. Ini digunakan oleh berbagai konsultan dan distributor komersial, serta komunitas pengembang yang aktif.

redhat  ubuntu
Multitasking: Multitasking, atau kemampuan untuk menjalankan beberapa program atau tugas secara bersamaan, didukung oleh Linux.
Tanpa Waktu Henti: Hampir semua pembaruan diterapkan tanpa mengambil sistem secara offline. Selain itu, server yang dijalankan Linux jarang memerlukan restart untuk memperbaiki kesalahan atau menyelesaikan pembaruan. Ini berarti praktis tidak ada waktu henti.
Kode Sumber Terdistribusi Secara Bebas: Sejumlah besar pengembang telah meninjau, dan masih mengkaji, kode sumber Linux. Oleh karena itu, efisiensi selalu meningkat, yang mengarah pada peningkatan kinerja, penghapusan bug dan peningkatan keamanan.

Server Linux adalah varian Linux open source operating system (OS) yang efisien dan kuat. Server Linux dibangun untuk memenuhi kebutuhan aplikasi bisnis yang semakin meningkat seperti sistem dan administrasi jaringan, layanan Web dan manajemen basis data.

centos

Server Linux sering lebih disukai daripada sistem operasi server lain karena reputasi mereka untuk keamanan, konsistensi dan fleksibilitas. Beberapa contoh sistem operasi server Linux adalah CentOS, Ubuntu Server, Gentoo, Debian, Slackware, dan sebagainya. Linux dianggap sebagai opsi terbaik untuk server operasi karena tidak diperlukan antarmuka pengguna grafis; semua perintah dapat dijalankan melalui command prompt. Ini membantu pengguna untuk mencapai kinerja sistem maksimal. Untuk perbedaan centos , ubuntu dan gentoo ada beberapa perintah yang agak sedikit berbeda tapi memang tidak begitu berbeda. jika ada yang memang belum pernah mencoba silahkan dicoba 

 

 

 

Sumber : linux.or.id  / techopedia.com

Be the first to comment on "Linux Server"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*