Teknologi Superkomputer

Teknologi Superkomputer

Teknologi Superkomputer. Lahir sebelum perkembangan zaman dan teknologi yang semakin baru, sebelum istilah IoT (Internet of Things) dan Cloud Computing (Komputasi Awan) muncul dan menjadi tidak asing lagi untuk kita dengar. Sebelum kita mengenal era bigdata seperti sekarang ini, di awal perkembangannya ada sebuah metode superkomputer yang memiliki objective melakukan data processing atau pemrosesan data dengan menggunakan beberapa komputer server atau bahkan PC.

Manfaat Superkomputer

Secara umum teknologi ini bisa menjadi alternatif jika terkendala masalah sumber daya/ resources yang spesifikasinya terbatas, menggabungkan beberapa sumber daya rendah dan minimal untuk melakukan pekerjaan tertentu. Keuntungannnya adalah low cost karena kita hanya perlu memanfaatkan sumber daya yang ada dan free open source karena menggunakan software aplikasi yang tidak berbayar. Teknologi ini bahkan digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang multimedia atau image renderweather forecast, medic, mining, dan lain-lain. Jangan heran juga jika teknologi ini mampu berjalan melalui versi lama perangkat notebook atau PC, bahkan media Floopy sebagai penyimpanan image nya. Dalam praktiknya, kita akan banyak berhubungan dengan bahasa pemrograman C atau C++ untuk menjalanakan serangkaian proses pendistribusian tugas ke seluruh komputer. Seiring dengan berjalannya waktu, akan muncul berbagai macam bahasa pemrograman paralel yang akan lebih memudahkan pekerjaan kita, khususnya bagi para programmer yang terbatas dalam masalah penguasaan bahasa pemrograman.

Teknologi yang menggunakan cara dengan mendistribusikan proses dalam beberapa komputer ini bisa berjalan di berbagai jenis sistem operasi. Silahkan tulisan paling lengkapnya mengenai teknologi superkomputer disini superkomputer tifosilinux

Teknologi Superkomputer

Pada gambar diatas bisa kita lihat proses render untuk sebuah image melalui teknologi komputer dan dijalankan serta dibagi-bagi prosesnya oleh beberapa komputer sekaligus melalui penjadwalan proses. Oleh karena itu, teknologi ini saya kira merupakan pioneer dalam perkembangan teknologi-teknologi baru yang saat ini bermunculan. Karena pada dasarnya kita dituntut untuk efektif dan efisien dalam penggunaan teknologi dalam menyelesaikan masalah hingga pengambilan keputusan.

Referensi Superkomputer

 

 

Salam Usmile

Be the first to comment on "Teknologi Superkomputer"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*