Buku Lengkap Belajar Teknologi Informasi dari usmile.id

Buku Lengkap Belajar Teknologi Informasi dari usmile.id

Buku Lengkap Belajar Teknologi Informasi dari usmile.idKini hadir. Buku Lengkap Belajar Teknologi Informasi dari usmile.id. Bahasa pemrograman Python pada awalnya tidak dirancang untuk komputasi numerik, namun menarik perhatian komunitas ilmiah dan teknis sejak awal, sehingga terbentuklah kelompok khusus yang disebut matrix-sig yang didirikan pada tahun 1995 dengan tujuan mendefinisikan package untuk komputasi array. Diantara anggotanya adalah designer dan maintainer dari Python Guido Von Rossum, yang menerapkan ekstensi ke sintaks Python untuk membuat komputasi array menjadi lebih mudah.

Seiring perkembangan teknologi dan kebutuhan yang semakin luas, komunitas-komunitas dibawah naungan GNU dan mereka yang berdiri dibawah bendera FOSS (Free Open Source Software), khususnya pada Bahasa Pemrograman Python membuat berbagai macam pustaka demi menyelaraskan bahasa pemrograman dengan perkembangan tersebut. Para pengembang melihat kebutuhan user mulai dari kalangan ilmuwan, akademisi hingga administrasi yang memiliki kasus beragam dengan menciptakan pustaka yang spesifik.

Terkadang para pengembang pun mengalami kendala bagaimana merepresentasikan aplikasi yang mereka bangun ke user untuk dapat dipahami dan dijalankan dengan mudah. Hal ini tidak hanya sebatas untuk aplikasi desktop namun juga aplikasi web. Pada Bahasa Pemrograman Python, mulai bermunculan beragam framework untuk web agar masalah kemudahan pengembangan hingga representasi ke user lebih sederhana dan robust di sisi aplikasi. Mulai dari Django, Flask, Bottle, CherryPy, Web2py, Pyramid, dan lainnya. Satu sama lain memiliki keunggulan dan keterbatasan masing-masing.

Pada tulisan ini, saya ingin memperkenalkan bagaimana Framework Django sebenarnya dapat menangani beragam kebutuhan tersebut baik dari sisi tampilan atau dashboard dan implementasi beragam pustaka yang ada kedalamnya. Mengacu pada era teknologi BigData sekarang ini, baik kebutuhannya di perusahaan dan bisnis personal, maka saya ambil beragam studi kasus yang umum terjadi untuk kemudian di terapkan dan dikembangkan sesuai kebutuhan. Bahkan saya berikan beberapa solusi dibagian Tuning dan Troubleshooting di tulisan ini agar framework Django dan hubungannya dengan pustaka di Python mampu menangani traffic dan komputasi skala besar.

Pada akhirnya, tulisan ini saya buat sesederhana mungkin untuk dipahami dan beragam pointpoint yang mampu membuka pikiran kita agar studi kasus yang ada dapat dikembangkan. Materi pembuka seperti dasar-dasar Python dan pustaka yang ada didalamnya juga saya sajikan beserta output console dan capture image.
Sekali lagi, semangat belajar dan semoga bermanfaat.

Published on : Aug 17, 2019
Pages : 208 (208 Halaman)
Features : Original pages
Best For : Web, Tablet
Language : Indonesian

Salam usmile

2 Comments on "Buku Lengkap Belajar Teknologi Informasi dari usmile.id"

  1. 🙂 .. semoga bermanfaat

Leave a comment

Your email address will not be published.


*