Cara Mudah Bangun Shubuh Bagi Remaja

usmile.id

Assalamualaikum Wr Wb , hai hai hai apa kamu salah satunya yang susah bangun shubuh? nah disini mungkin ada sedikit cara atau tips bagi kalian yang ingin bisa bangun shubuh tetap waktu, bagi  seorang muslim usia remaja sangat sulit untuk mendapatkan Shubuh, lebih-lebih lagi untuk pria berjama’ah di masjid. Sepertinya itu berat sekali yaa 😀 .

Mungkin tips ini bisa diperaktek untuk kalian yang susah untuk bangun shubuh.

Biasakan tidur di awal malam dan jauhi begadang.

yang manjadi alasan orang untuk telat bangun shubuh adalah begadang orang telat bangun karena begadang seperti nonton pertandingan sepak bola atau nonton tv sampai larut malam. Malam diambil untuk begadang dan nonton tv atau ngobrol-ngobrol dengan teman sampa larut malam. 

Ini nasehat hadits yang menunjukkan larangan begadang.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ وَالْحَدِيثَ بَعاد

 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat’ Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no. 568)

Ibnu Baththol menjelaskan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak suka begadang setelah shalat’ Isya karena dia sangat ingin menerapkan shalat malam dan mempermasalahkan jika sampai luput dari shalat shubuh berjama’ah. ‘Umar bin Al Khottob sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah shalat Isya, beliau mengatakan, “ Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap ?! ”(Syarh Al Bukhari, 3: 278).

 

Coba lakukan adab-adab sebelum tidur.

Dengan melakukan beberap adab berikut, akan sangat membantu untuk memudahkan mendapatkan Shubuh.

Tidurlah dalam keadaan berwudhu.

Tidur berbaring di sisi kanan.

Meniup kedua telapak tangan sambil membaca surat Al Ikhlash ( qul huwallahu ahad ), surat Al Falaq ( qul a’udzu bi robbil falaq ), dan surat An Naas ( qul a’udzu bi robbinnaas ),  Setelah itu mengusap kedua tangan itu ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dicapai. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali. Inilah yang dicontohkan oleh Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam yang disetujui oleh dikatakan’ Aisyah.

Membaca ayat kursi sebelum tidur.

Membaca do’a sebelum tidur

 

Gunakan alarm pada weker kring atau handphone.

Nah mungkin dengan cara ini bisa membangunkan kalian yang susah banget bangun shubuh nya,  stel jam weker kamu dan taruh di tempat yang agak jauh dari sisi kamu tidur supaya tidak langsung mematikan weker kamu. kalo perlu stel alarm di handhone kamu juga

 

Niat Dalam Hati untuk Bangun di pagi hari

Niatkan didalam hati untuk bangun di pagi hari 

Mungkin tips tersebut bisa dicoba bagi yang susah untuk bangun pagi untuk shalat shubuh..

 

 

 

Be the first to comment on "Cara Mudah Bangun Shubuh Bagi Remaja"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*