Whatsapp Bisa Kirim Uang? Serius?

whatsapp usmile

Assalamualikum wr wb.

Siapa yang tidak tau aplikasi whatssup ? aplikasi yang memang sudah tidak asing bagi kita dengan tak kurang dari 1,5 miliar pengguna yang tersebar di 180 negara dunia WhatsApp Messenger adalah aplikasi pengiriman pesan GRATIS untuk Android dan smartphone lainnya. WhatsApp menggunakan koneksi Internet ponsel Anda (4G / 3G / 2G / EDGE atau Wi-Fi . Banyak keuntungan dari aplikasi ini yang sudah kita rasakan dari kemudahan akan komunikasi antar temen, keluarga dan rekan bisnis, banyak fitur yang dimiliki di antaranya kirim gambar, video , file dan lain sebagainya.

ada fitur yang rencanaya akan dikeluarkan oleh aplikasi whatsapp  yaitu WhatsApp Pay, layanan pembayaran di whatsapp, rencananya meluncur tahun ini di India. Tetapi ada pula kekhawatiran yang mengiringi.

India akan menjadi negara pertama yang sudah bisa memakai layanan yang sebelumnya sempat disebut sebagai WhatsApp Payment itu. Layanan ini membuat pengguna WhatsApp nantinya bisa mengirimkan uang semudah mengirim chat. 

Namun, sepertinya fungsi dari Whatsapp akan segera bertambah, dari yang sebelumnya hanya aplikasi pesan, bertambah menjadi dompet digital yang dapat menyimpan, mengirimkan uang, hingga menghabiskan uang seperti halnya aplikasi dompet digital lain pada umumnya, wah ini bener-benar akan menjadi ancaman di dalam negeri yaa jika benar-benar itu bisa ada di negara kita karena perusahaan-perusahaan yang mungkin hampir sama dengan fitur whatsapp yang baru ini pasti nya akan khawatir akan ancaman ini.  WhatsApp Payments fitur tersebut saat ini baru diuji coba di India untuk pengguna yang bergabung dalam program beta.

 

Untuk sementara pemanfaatan WhatsApp Payments terbatas pada transaksi duit antar-pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna belum bisa melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga. Lantas bagaimana cara bertransaksi dengan WhatsApp Payments? Pertama-tama, dua pihak pengguna yang hendak bertransaksi harus mengikuti program beta dan meng-install versi teranyar WhatsApp untuk iOS ataupun Android. Untuk mengirim uang, pengguna cukup menekan ikon attachment yang juga diklik saat hendak mengirim kontak, media, lokasi, dll. Pengguna akan menemukan opsi payments

Pilih kontak yang hendak Anda kirimi uang, pilih akun bank Anda dan penerima, masukkan nominal uang, masukan pin UPI, lantas uang Anda akan terkirim secara virtual. WhatsApp Payments mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India. Saat transaksi pertama, pengguna bakal diminta memverifikasi nomor seluler. Pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor seluler yang tertaut dengan akun bank pengguna via UPI. Jika Anda tak punya akun UPI, WhatsApp Payments memiliki opsi untuk membuat akun UPI baru. Semua transaksi Anda akan terekam pada opsi history di WhatsApp Payments. Karena masih dalam bentuk beta, bisa jadi fitur ini dikembangkan lebih jauh untuk fungsi yang lebih banyak ketika diresmikan untuk publik. Belum jelas kapan WhatsApp Payments tersedia di negara lain, termasuk Indonesia. 🙂 jika ini benar-benar masuk ke indonesia ini menurut saya akan menjadi persaingan yang sangat ketat didunia digital, dunia digital dimana perubahannya begitu cepat dan kalo kita tidak bisa antisipasi ancaman itu itu akan membahayakan bagi perusahaan yang sejenis 😀 .

sumber : kompas, detik, tempo

Be the first to comment on "Whatsapp Bisa Kirim Uang? Serius?"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*