Pengungsi Banjir Jabotabek Terbanyak di Kota Bekasi,

hujan

Assalamualaikum Wr.Wb,

Awal tahun baru tahun 2020 adalah awal tahun yang menurut saya penuh dengan bencana khususnya banjir, bagaimana tidak hujan yang sejak tanggal 31 Desember 2019 sore sampai dengan tanggal 1 Januari 2020 jabotabek terus menerus di guyur hujan tanpa henti yang berakibat meluapnya aliran kali-kali didaerah bekasi yang mengakibatkan banjir di sebagian besar daerah jabotabek.

Korban akibat bencana banjir dan longsor di Jabodetabek terus menunjukkan angka yang signifikan. Teranyar, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Bekasi menjadi daerah penyumbang pengungsi terbanyak dari kejadian bencana alam yang terjadi sejak 1 Januari 2020 lalu.

Kapusdatin BNPB Agus Wibowo mengatakan setidaknya ada total 149.537 orang terpaksa harus mengungsi karena rumahnya masih terendam air banjir. Agus mengklaim jumlah itu menjadi yang terbanyak dari kejadian banjir lainnya di sejumlah daerah di Jabodetabek.
 
“Kalau dari sisi pengungsi yang paling banyak adalah di Kota Bekasi, ini totalnya Jumlah pengungsi di Bekasi Kota Bekasi ada 149.537 jiwa paling banyak ini,” ujar Agus saat ditemui di Gudang BNPB Jati Asih, Bekasi, Sabtu (4/1).
 
Agus menyebut jumlah itu bahkan telah melampaui jumlah total pengungsi banjir dan longsor di seluruh Jakarta yang hanya mencapai 20 ribu orang.
banjirbanjir bekasi
 
“Di Jakarta saja totalnya Jakarta itu kurang lebih ada 20 ribu untuk seluruh Jakarta, Jakarta Pusat Jakarta Barat, Jakarta Selatan, itu totalnya 20 ribuan sedangkan di Bekasi ini totalnya 149.537 jadi ini yang paling banyak,” ucap Agus.
Banyaknya pengungsi terdampak banjir di Bekasi, menurut Agus, dikarenakan tingginya genangan air yang terdapat di sejumlah daerah di Kota dan Kabupaten Bekasi. Tingginya air menyebabkan warga kesulitan beraktifitas normal sehingga banyak dari mereka memutuskan untuk mengungsi untuk mendapatkan fasilitas yang lebih baik.
“Kalau kita lihat memang genangannya yang paling banyak ada di kota Bekasi. di Kota Bekasi dan sampai saat ini masih ada yang rata-rata genangan tinggal 20 sampai 50 cm tapi di Kota Bekasi masih ada 1 2 yang genangannya masih sekitar 1 meter jadi masih ada evakuasi di sana,” kata Agus.
 
Untuk memastikan kebutuhan para pengungsi tercukupi dengan baik, Agus menuturkan tim BNPB telah menyediakan seluruh fasilitas yang dibutuhkan termasuk tim kesehatan, termasuk di posko pengungsian di Gudang BNPB Jati Asih, Bekasi.
banjir bekasi
banjir bekasi
 
“Ini di sini ada dokter dan obat-obatan stoknya cukup sehingga mereka bisa berobat ke dokter nggak masalah di sini,” tutupnya.
Semoga di tahun 2020 ini Indonesia terhindar dari bencana-bencana yang membuat kerugian di masyarakat. semoga ALLAH.SWT selalu melindungi kita semua Amiin
Source : Kumparan

Be the first to comment on "Pengungsi Banjir Jabotabek Terbanyak di Kota Bekasi,"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*