Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

Sobat usmiler, semoga selalu dalam keadaan sehat, bahagia, serta nyaman dan aman di tengah wabah Virus Corona (Covid-19) yang sedang melanda. Pekerjaan pun terkena imbasnya dengan tuntutan untuk tetap bisa dikerjakan di rumah (Work From Home). Namun, disamping kecepatan akses internet yang memadai saat pekerjaan dilakukan dirumah, kondisi laptop / personal computer 💻 kita juga perlu diperhatikan. Adakalanya begitu banyak program aplikasi yang kita buka dan jalankan memakan banyak sumber daya laptop. Mulai dari storage atau tempat penyimpanan yang semakin penuh, konsumsi RAM yang tinggi hingga aplikasi berjalan sangat lambat 🐌 .

Meskipun ada banyak kemungkinan cara yang bisa kita lakukan, namun langkah-langkah berikut ini sangat cukup untuk dijadikan panduan bagaimana Windowsw 10 di laptop kita secepat kilat.

🖱 Masuk ke sistem control panel untuk mengatur segalanya.

Cara pertama yang bisa kita lakukan ada dengan masuk ke control panel Sistem Operasi Windows 10 kita dengan menggunakan shortcut Windows+R , kemudian ketik control panel:

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

🖱 Selanjutnya kita bisa masuk ke System and Security -> Administrative Tools

 

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

🖱 Setelah kita masuk ke Administrative Tools, masuk ke pilihan Services (pastikan windows update telah di disable).

 

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

🖱 Kemudian masih di Administrative Tools, pada pilihan Task Scheduler, masuk ke menu Task Scheduler (Local) -> Task Schedule Library. Pastikan kita disable kemudian hapus semua service yang ada. Percayalah, jangan takut, kali ini penulis yang bertanggung jawab untuk semua service di task scheduler yang di hapus 😉

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

Langkah terakhir dan yang tidak kalah penting adalah dengan menentukan nilai paging file, agar laptop kita tidak kehabisan sumber daya dengan cepat dan program dapat terus berjalan dengan smooth. Apa itu paging file ?. Kamu bisa mendapatkan informasi yang sangat mendetail dan jelas disini Page File Windows 10

Salah satu hal yang perlu kita ingat adalah:

However, disabling the page file can result in some bad things. If programs start to use up all your available memory, they’ll start crashing instead of being swapped out of the RAM into your page file. This can also cause problems when running software that requires a large amount of memory, such as virtual machines. Some programs may even refuse to run.

jadi, kita harus melakukan setup nilai untuk pagefile secara sesuai dengan sumber daya laptop kita.

🖱 Klik kanan pada icon this pc -> Properties . Nanti akan muncul windows mengenai informasi dari sistem operasi di laptop yang kita jalankan.

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

🖱 Selanjutnya pilih menu Advanced System Settings -> Pilih tab advanced -> Performance [Settings] -> Pilih tab advanced -> Pilih changed

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

🖱 Unchecked pada menu Automatically manage paging file size -> Custom Size -> Input value Initial Size (MB) dan Maximum Size (MB). Jika jumlah RAM laptop kita sebesar 12 G, cukuplah kita atur nilai awal penggunaan sebesar 3072MB (sekitar 3G) dan maksimum nilai sebesar 9216MB (sekitar 9G). Atau jika RAM kita hanya sebesar:

– 8G (Initial Size : 3072MB dan Maximum Size 8000MB), atau
– 4G (Inital Size: 1024MB dan Maximum Size 2048MB)

Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat

Sangat membantu 🥂

Be the first to comment on "Membuat Windows 10 kita Secepat Kilat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*