7 Aplikasi Chatting Buatan Indonesia Yang Membanggakan

  • Bagikan
7 Aplikasi Chatting Buatan Indonesia Yang Membanggakan
7 Aplikasi Chatting Buatan Indonesia Yang Membanggakan
Advertisements

aplikasi chatting buatan Indonesia – Peningkatan pengguna smartphone di era revolusi digital ini membuat kebutuhan akan aplikasi untuk berkomunikasi semakin bersaing.

Hal ini menjadi peluang dan ajang kreativitas beberapa anak bangsa. Hingga saat ini software aplikasi chatting buatan luar negeri masih mendominasi.

Namun, tak menghalangi kesungguhan para developer lokal untuk terus berinovasi dalam menciptakan aplikasi chatnya sendiri.

Advertisements

Kini, sudah ada delapan aplikasi chatting buatan Indonesia yang membanggakan dan tak kalah hebatnya dengan besutan negara lain.

Sayangnya, tidak banyak orang tahu bahwa Indonesia pun juga memiliki aplikasi chatting yang mumpuni untuk kebutuhan berkomunikasi.

Padahal, dari sisi kecanggihan dan kemudahannya juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan aplikasi lain yang sudah populer sebelumnya. Berikut ini 7 aplikasi chatting buatan Indonesia yang tidak kalah dengan milik negara lain:

Advertisements

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia
Aplikasi Chatting Buatan Indonesia

1. StealthChat

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia pertama, StealthChat adalah aplikasi chatting karya bangsa Indonesia yang terkenal dengan keamanan pada sistem enkripsinya.

Keunikan aplikasi StealthChat ini adalah kemampuannya dalam menjaga data pesan yang memang dianggap layaknya rahasia setiap penggunanya.

Bahkan orang lain yang tidak berkepentingan pun akan sulit untuk membuka data pesan teks yang dienkripsi tersebut.

Advertisements

Sesuai dengan tagline-nya Encrypted Calls and Chats, aplikasi ini tidak hanya mengubah pesan chat menjadi kode rahasia.

Bahkan fitur teleponnya pun juga dibuat memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mengkategorikan pesan berdasarkan ranahnya apakah bersifat privasi personal atau grup.

Fitur andalan aplikasi ini adalah self destructing messages. Dari sekian banyak pengembang aplikasi, beberapa pengembang saja yang berani mengembangkan konsep aplikasi tersebut demi menjaga keamanan data penggunanya.

Advertisements

Saat proses penghancuran pesan ini berlangsung, maka room chat akan terhapus isi pesannya. Hal ini dikarenakan aplikasi menghapus pesan secara otomatis, setelah pengguna mengaktifkan fitur ini.

Selain itu, ada juga fitur anti screenshot  agar data pesan di layar tidak dapat di-screenshot. Hal ini dikembangkan guna meminimalisir penggunaan data pengguna baik isi pesan chat maupun data pengguna.

2. Calling-Indonesia

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia kedua, Disebut-sebut sebagai saingan dari Whatsapp, Calling-Indonesia termasuk aplikasi chatting karya anak negeri.

Advertisements

Calling Indonesia atau lebih dikenal dengan Callind yang memiliki beberapa fitur untuk berkirim pesan, video call, telepon serta file. Aplikasi ini dirilis pada Mei 2016 ini dikembangkan oleh tangan dingin Novi Wahyuningsih asal Kebumen.

Tidak hanya sebagai aplikasi chatting saja. Callind juga dapat dimanfaatkan untuk pasang iklan maupun layanan jual beli produk. Sehingga sangat cocok digunakan para pebisnis. Apalagi cara menggunakannya pun cukup mudah dan praktis.

Kini, nama Callind berubah menjadi CakraTalk dengan menggandeng para pebisnis muda. Hal ini karena aplikasi ini akan disebarluaskan seperti mencari anggota koperasi yang mau berinovasi di bidang digital start up.

Advertisements

3. Catfiz

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia ketiga, Aplikasi Catfizz yang merupakan karya inovasi arek Suroboyo ini, hadir dengan berbagai fitur dasar untuk chatting.

PT Duniacatfish Kreatif Media adalah pengembang lokal yang berhasil unjuk gigi di dunia teknologi dunia. Hal tersebut terbukti dengan jumlah unduhannya mencapai 2 juta kali di seluruh dunia.

Fitur tambahan yang menarik dan sangat lengkap untuk menunjang aktivitas berkomunkasi dan bersosial media. Mulai dari mengunggah foto, video, fitur like dan comment, serta share.  

Advertisements

Maka, tidak mengherankan jika aplikasi ini mampu membuktikan kemampuannya di pasar global karena berhasil memberikan sesuatu yang berbeda dengan aplikasi lain.

Tercatat hingga saat ini sudah memiliki banyak pengguna setia berasal dari lebih dari tujuh puluh negara seperti Kuwait, Brazil, Amerika Serikat, dan negara lainnya.

4. Yogrt

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia ke empat, Pernah tahu aplikasi chat yang mencari teman baru berdasarkan lokasinya? Yogrt lah jawabannya. Aplikasi chat yang menggunakan lokasi sebagai acuan utama dalam mencari teman baru. Memanfaatkan fitur GPS pada smartphone, aplikasi ini mampu menambah teman baru dalam radius tertentu.

Advertisements

PT. Ideaga Altekno Nusakarsa yang bermarkas di Jakarta membuat aplikasi ini tidak hanya sebagai aplikasi chat saja. Namun, juga sebagai aplikasi sosial media terutama untuk berbagi konten. Selain itu, aplikasi Yogrt juga menawarkan game ringan yang bisa dimainkan bersama teman-teman.

Aplikasi ini membutuhkan memori sebesar 45 MB saja. Kemudian, aplikasi yang dapat diunduh via Google Play Store serta website resminya.

Saat ini aplikasi ini telah mendapat 4 bintang dari pengguna aktif sebanyak 146 ribu pengguna. Selain itu, aplikasi ini telah diinstal sebanyak 5 juta kali sejak pertama kali rilis. Yogrt versi terbaru adalah versi 5.0.9 yang telah diperbarui pada 28 Desember 2020 lalu.

Advertisements

5. Hi-App

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia kelima, Aplikasi chat yang dirilis tahun 2019 ini memiliki kemampuan untuk menandingi WhatsApp. Karya dari PT. Hello Kreasi Indonesia yang bermarkas di Jakarta memiliki tampilannya yang didominasi warna hijau.

Mungkin ketika sekelebat melihatnya tak ada yang menyangka aplikasi ini buatan anak Indonesia. User interface-nya yang terbilang minimalis ini sangat keren.

Secara kasat mata, aplikasi ini mengingatkan pada aplikasi LINE karena memiliki karakter binatang sebagai ikonnya . Uniknya, aplikasi ini mendapat sebutan WhatsAppnya Indonesia.

Advertisements

Hal ini dikarenakan kemudahan penggunaan dan kapasitas cloud penyimpanan yang cukup luas. Saat ini aplikasi ini mencapai rating 4,4 bintang dengan total pengguna sebanyak lebih dari 1.500 pengguna. Tak ada salahnya mencoba aplikasi yang satu ini.

6. LiteBIG

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia ke enam, LiteBig-SuperApps merupakan karya dari PT. Sandika Cahaya Mandiri. Pengembang yang bermarkas di Jakarta ini memberikan layanan serba ada di dalam aplikasinya.

Seperti namanya LiteBIG Super Apps, hanya dengan memori 41 MB pengguna dapat menikmati layanan chatting, pembayaran, sosial media dalam satu aplikasi kecil yang bermanfaat sangat besar.

Advertisements

Aplikasi LiteBIG Super Apps dapat diunduh via Google Play Store maupun melalui websitenya.

Keamanan dari aplikasi ini cukup terjamin karena di dalam aplikasinya sudah dilengkapi dengan sistem kode enskripsi yang menjaga kerahasiaan pesan para penggunanya. Selain itu, tak perlu khawatir mengenai biaya karena aplikasi ini dapat gratis diunduh di Play Store.

Baca juga: 6 Aplikasi Untuk Membuat Cover Wattpad Ini Sangat Direkomendasikan

Advertisements

7. ChatAja!

Aplikasi Chatting Buatan Indonesia ketujuh, Aplikasi ChatAja! merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh ChatAja. Termasuk di dalam kategori aplikasi komunikasi dalam Google Play Store, ChatAja telah berhasil memperoleh rating 4 bintang.

Saat ini penggunanya masih 4 ribu pengguna saja, namun aplikasi ini digadang-gadang menjadi aplikasi andalan Indonesia.

Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah peningkatan pengguna yang cukup signifikan. Aplikasi ini tidak hanya menghadirkan fitur chatting saja.

Advertisements

Baca juga: Video Bokeh Full 2018 Mp3 China 4000 Download

ChatAja telah menyediakan layanan Cloud Storage untuk para penggunanya. Selain itu, aplikasi ini dapat dibuka di platform lain seperti PC maupun iOS. Terlebih lagi, tampilan user interface-nya yang terbilang sangat user friendly.

Nah, inilah  delapan aplikasi chatting buatan Indonesia yang membanggakan. Walapun belum sepopuler aplikasi chat mendunia seperti Whatsapp, Telegram maupun LINE.

Advertisements

Namun, prestasi anak bangsa tersebut patut untuk diberikan apresiasi. Apalagi di tengah-tengah derasnya masuk berbagai media sosial besutan luar negeri yang membanjiri tanah air. Semoga menginspirasi dan bermanfaat

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *