15 Jenis Makanan Yang Bagus Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

  • Bagikan
Kecantikan kulit
Advertisements

Kulit sehat menjadi dambaan banyak perempuan. Sebab, kulit yang sehat cenderung terhindar dari berbagai duduk perkara yang membuatnggak pede penampilan lho. Seperti abses, komedo, noda hitam, kusam, terdapat kerutan, maupun tanda penuaan tergolong problem kulit yang acap kali mengganggu  tampilan. Baik kulit muka maupun kulit pada bagian badan yang lain, jika nggak sehat pasti membuatnggak banget deh. Nah, kulit sehat tersebut bisa kamu dapatkan dengan merawat secara sempurna dan menerapkan contoh hidup sehat mirip mengonsumsi kuliner untuk kulit sehat.

Ya, makanan yang nggak sehat pasti berpengaruh pada fungsi banyak sekali bagian di tubuh. Makanan yang nggak sehat menyebabkan asupan zat gizi tubuh jadi nggak lengkap sesuai kebutuhan. Hal ini juga membuat tubuh mengalami gangguan metabolisme. Akibatnya, kamu mampu mengalami kenaikan / penurunan berat tubuh secara nggak wajar , bahkan organ-organ tubuh seperti jantung dan hati juga bisa mengalami gangguan. Yang nggak kalah gawat, masakan nggak sehat akan memengaruhi kesehatan kulitmu.

Kecantikan kulit

Advertisements

Kecantikan kulit

Sebelum kau mengenali masakan apa saja yang diperlukan untuk kulit sehat, kamu juga perlu tahu zat-zat gizi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit lho. Simak yuk penjelasan HaiGadis dibawah ini.

Zat gizi penting untuk mempertahankan kesehatan kulit

a. Air

Air termasuk zat gizi penting untuk mendapatkan kulit sehat lho. Air berperan dalam menolong zat-zat gizi yang diperlukan badan menyerap ke dalam sel-sel. Sehingga selain kulit jadi lebih basah dan sehat, racun-racun dalam badan juga mampu dikeluarkan. Umumnya sih kamu mampu mengonsumsi 8 gelas air per hari, Girls.

Advertisements

b. Vitamin A

Sering ‘kan nemu zat gizi ini dalam sebuah produk skincare? Vitamin A yang mampu kamu peroleh dalam masakan sehat untuk kulit memang berfaedah dalam mencegah kulitmu dari kerusakan. Selain itu, bintik-bintik hitam dan noda di kulit juga mampu berkurang lho.

c. Vitamin C

Nah, jikalau vitamin C ini juga berfungsi menangkal kerusakan kulit, mencerahkan, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Kulit pun juga akan lebih higienis, cerah, dan kuat.

d. Vitamin E

Vitamin E pun berfungsi menjaga kulit dari kerusakan dan memelihara kesehatannya, Girls. Peradangan seperti nanah juga bisa teratasi dengan zat gizi yang satu ini lho. Bahkan jika kau sering lihat di produk skincare yang termasuk antiaging, vitamin E sering menjadi andalan.

Advertisements

e. Asam lemak omega-3 dan omega-6

Lemak nggak melulu jahat dan buruk bagi kesehatan kok. Misalnya saja asam lemak omega-3 dan omega-6 yang mampu membantu mempertahankan kelembapan alami kulit tanpa menyebabkan kulit menjadi kering. Tentunya berlawanan dengan lemak mirip pada masakan yang digoreng, soalnya lemak tersebut cenderung jenuh dan bisa menyebabkan plak di pembuluh darah.

f. Antioksidan

Kalau zat yang satu ini sih, tentunya kau juga tahu. Antioksidan berguna dalam menangkal radikal bebas yang mampu merusak kulit dan menimbulkan hadirnya tanda-tanda penuaan.

g. Selenium

Selenium termasuk mineral yang berfaedah dalam menjaga kesehatan kulit. Zat gizi yang satu ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit, menyingkir dari kulit dari kerusakan, dan mencegah gejala penuaan.

Advertisements

h. Vitamin B

Kalau dalam produk skincare sih vitamin B yang sering digunakan adalah niacinamide. Kalau dalam kuliner, kau perlu mengonsumsi zat gizi yang satu ini alasannya mampu membantu mencerahkan kulit. Selain itu, vitamin B juga mampu meratakan warna kulit. Kalau untuk mengatasi jerawat, vitamin B yang penting adalah vitamin B5.

Berbagai kandungan zat gizi tersebut nggak hanya akan kau temukan dalam produk perawatan kulit lho. Namun kau akan menemukannya secara alami dalam kuliner untuk kulit sehat dari dalam. Kalau makanan yang kamu konsumsi saja zat gizinya bermacam-macam dan mencukupi, maka kulit akan bebas dari duduk perkara. Nah, sekarang saatnya kau tahu bahan makanan apa saja yang mampu kamu konsumsi untuk perawatan kulit supaya lebih sehat. Simak, yuk!

Rekomendasi jenis kuliner untuk kulit sehat

1. Ikan

Ikan

Advertisements

Ikan

Makanan untuk kulit sehat yang pertama yakni lemak yang bisa kamu peroleh dari ikan. Ikan banyak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat berguna untuk kesehatan kulit. Jenis ikan yang bisa kau konsumsi antara lain ikan makarel, sarden, salmon, dan lain sebagainya. Omega-3 berguna untuk menolong kulitmu biar lebih terlindungi, elastis, dan basah.

Selain itu, omega-3 juga berfaedah untuk meminimalisir inflamasi (pembengkakan) mirip ketika kulit teriritasi maupun adanya nanah. Kulit pun akan lebih kebal terhadap paparan sinar matahari. Kemudian, ikan juga kaya akan vitamin E dan protein. Vitamin E berfungsi selaku antioksidan yang hendak melindungi kulit dari kerusakan maupun tanda-tanda penuaan.

Advertisements

Sementara protein berguna untuk kemajuan sel dalam proses regenerasi kulit. Nah, jangan makan ayam atau daging terus, cobalah sesekali makan ikan Girls. Jika disantap secara terorganisir dan nggak berlebihan, kulitmu bakalan lebih sehat.

2. Alpukat

Alpukat

Alpukat pun tergolong kuliner untuk kulit sehat yang recommended untuk disantap lho. Selain rasanya enak, makanan yang satu ini mengandung banyak zat gizi yang elok buat kulitmu. Alpukat populer akan kandungan lemaknya yang sehat. Lemak esensial yang dikandung ini sangat bermanfaat membuat kulitmu lebih basah dan lentur.

Advertisements

Nggak cuma itu, alpukat juga mempunyai kandungan yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akhir paparan sinar UV. Kandungan vitamin E di dalamnya juga tinggi lho. Bisa berfaedah selaku antioksidan yang hendak melindungi kulitmu dari radikal bebas dan penuaan.

Alpukat nggak hanya punya kandungan vitamin E, namun juga mengandung vitamin C. Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen yang mampu menciptakan kulit tetap lembut dan baka muda. Vitamin C ini juga berfungsi sebagai antiaging kok. Pokoknya buah yang satu ini wajib kau konsumsi deh!

3. Biji bunga matahari

Biji-bijian tergolong dalam kuliner untuk kulit sehat juga, Girls. Misalnya yakni biji bunga matahari. Biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E, selenium, zinc, dan protein. Kandungan-kandungan tersebut mempunyai faedah tersendiri bagi kulit.

Advertisements

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang akan melindungi kulitmu dari kerusakan maupun radikal bebas. Sementara selenium merupakan mineral yang berfungsi menangkal kerusakan kulit akhir sinar UV.  Kemudian ada zinc yang manfaatnya adalah menertibkan produksi minyak dan menyembuhkan jerawat. Cocok deh buat kau yang ingin bebas dari duduk perkara terkait kulit berminyak.

Kalau protein sih nantinya akan menolong proses regenerasi sel-sel kulit. Pasti kau juga sering lihat ‘kan kandungan dalam produk skincare yang berupa ekstrak bunga matahari? Dimakan pun nggak kalah yummy kok.

4. Ubi jalar

Ubi jalar

Advertisements

Ubi jalar

Jangan meremehkan materi masakan yang satu ini, Girls. Ubi jalar tergolong masakan untuk kulit sehat yang kaya akan vitamin A. Kalau dalam ubi jalar ini sih yang terkandung adalah pro-vitamin A yang sering disebut beta carotene. Zat gizi ini sungguh bermanfaat dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Atau disebut juga sebagai sunblock alami.

Nantinya, beta carotene dalam bentuk karotenoid berfaedah selaku antioksidan yang melindungi sel-sel kulit dari kerusakan. Masalah seperti kemerahan akhir terpapar sinar matahari, sel kulit mati, kulit kering maupun berkerut pun bakalan hilang. Selain itu, performa kulitmu juga akan tampaklebih segar dan sehat lho. Kamu mampu mengonsumsi  ubi jalar ini dengan direbus, digoreng, atau dengan pembuatan lainnya kok.

Advertisements

5. Brokoli

Brokoli

Brokoli

Makanan untuk kulit sehat berikutnya berbentuksi hijau, brokoli. Kamu niscaya sering menemukannya dikala memakan sup maupun salad. Brokoli memang kaya akan vitamin dan mineral yang sungguh penting buat kesehatan kulit. Ada zinc yang bisa mengendalikan minyak di kulit, vitamin A, dan vitamin yang akan melindungi kulit dari kerusakan.

Advertisements

Kemudian, brokoli pun mengandung lutein yang akan menangkal kulit menjadi kering dan menghalangi terjadinya tanda penuaan mirip kerutan lho. Ada juga nih kandungan yang berjulukan sulforaphane, fungsinya melindungi kulit dari kerusakan akhir sinar matahari dan menangkal berkurangnya kolagen di kulit. Kalau kau tekun mengonsumsi brokoli, kulit usang-usang bakalan sehat deh.

6. Tomat

Cara menghilangkan mata panda

Tomat

Advertisements

Bahan masakan untuk kulit sehat selanjutnya yaitu tomat yang mampu kau olah sebagai sayuran maupun buah-buahan. Kamu bisa mengonsumsi tomat selaku adonan saat makan sambal, selaku lalapan, adonan bahan memasak, dan mampu juga dimakan secara eksklusif. Tomat ialah masakan yang kaya akan vitamin C dan lycopene.

Lycopene berfaedah melindungi kulit dari kerusakan balasan sinar matahari lho. Selain itu juga mampu menolong meminimalisir kerutan di kulit alasannya adalah penuaan. Nggak heran deh kalau pada produk skincare kamu akan menemukan materi tomat. Nah, kamu pun bisa menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan mengonsumsi kuliner yang satu ini.

7. Kedelai

Kedelai

Advertisements

Dalam sehari-hari sih kedelai mampu kamu peroleh dalam materi kuliner seperti tempe, tahu, kecap, maupun susu kedelai. Kedelai memang populer cantik buat kesehatan dan termasuk dalam masakan untuk kesehatan kulit lho. Kandungannya sendiri berbentukisoflavon yang berguna dalam meminimalkan kerutan dan menciptakan kulit lebih lentur.

Isoflavon juga berfungsi menciptakan kulit lebih lembut dan kuat. Selain itu, jika kau mengonsumsinya secara cukup, bisa melindungi kulit dari sinar UV dan mencegah kanker kulit. Coba deh konsumsi tempe atau tahu dalam kuliner sehari-harimu. Selain murah, rasanya juga yummy kok.

8. Cokelat

Cokelat

Advertisements

Cokelat

Siapa sih yang nggak suka cokelat? Selain lezat dan mampu bikin mood naik, cokelat juga punya faedah buat kesehatan kulitmu lho. Cokelat kaya akan antioksidan yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit. Selain itu, mengonsumsi cokelat dalam 6 – 12 minggu juga bisa membuatkulit jadi lebih terhidrasi. Aliran darah di kulitmu pun akan lebih tanpa hambatan dan kulit nggak terlalu sensitif terhadap paparan sinar matahari.

Cokelat ini jikalau dimakan secara berkala dan teratur akan meminimalkan gejala penuaan seperti kerutan. Asalkan, kamu menentukan tipe dark chocolate dengan kandungan cokelat (cocoa) minimal 70%. Jangan pilih yang mengandung terlalu banyak gula, ya.

Advertisements

9. Teh hijau (green tea)

Teh Hijau

Teh Hijau

Kamu niscaya juga sudah kenal ‘kan bila kuliner untuk kulit sehat berupa green tea ini memang banyak dikonsumsi maupun digunakan pada produk skincare. Teh hijau memang memiliki banyak manfaat untuk kulit kok, misalnya saja melindungi kulit dari kerusakan dan tanda-tanda penuaan. Kandungan dari green tea sendiri yakni katekin yang bisa mengembangkan kesehatan kulit.

Advertisements

Kemudian, green tea ini pun tinggi akan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akhir paparan sinar matahari. Yang lebih penting lagi, teh hijau ini bisa mengembangkan kelembapan dan elastisitas kulit sehingga akan tampak baka muda.

Oh ya, jikalau mau konsumsi green tea, diusulkan memang yang murni, Girls. Jangan yang mengandung susu mirip minuman kekinian, ya. Soalnya susu mampu meminimalkan efektivitas antioksidan pada teh hijau sendiri. Dikonsumsi secara tunggal tanpa adonan juga tetap enak kok.

10. Buah anggur merah

Anggur merah

Advertisements

Anggur merah

Kalau sebelumnya teh hijau kaya antioksidan, buah anggur merah ini juga kok. Sebagai masakan untuk kulit sehat, buah yang satu ini mengandung resveratrol yang bermanfaat sebagai antiaging. Selain itu juga akan menangkal kulit dari kerusakan karena radikal bebas. Cocok abis nih buat meminimalisir tanda penuaan.

Kandungan resveratrol ini bergotong-royong juga ada pada anggur merah (red wine). Namun sebab minuman tersebut mengandung alkohol, takutnya malah mengakibatkan dampak lainnya bagi kesehatan. Jadi, kosumsi buahnya saja ya, Girls.

Advertisements

11. Paprika

Paprika

Paprika

Makanan untuk kulit sehat selanjutnya ada paprika nih yang recommended untuk kau konsumsi. Paprika juga kaya akan beta carotene yang nantinya akan bermetamorfosis vitamin A. Fungsinya pasti akan melindungi kulitmu dari kerusakan dan tanda penuaan. Selain itu, ada juga vitamin C dalam bahan masakan ini.

Advertisements

Vitamin C berperan dalam pembentukan kolagen yang manis menciptakan kulit lebih sehat, berpengaruh, dan lembut. Vitamin C ini pun mampu membantu mengurangi kerutan dan menciptakan kulit tetap berair. Gimana? Suka mengonsumsi paprika nggak nih, Girls?

12. Mentimun

Mentimun

Mentimun

Advertisements

Kalau makan ayam yang ada lalapan mentimunnya, jangan dibuang Girls. Mending kamu makan juga alasannya mentimun termasuk dalam kuliner untuk kulit sehat lho. Mentimun mempunyai kandungan air yang tinggi dan bermanfaat untuk menghidrasi kulit dari dalam.

Selain itu, mentimun ini juga berfungsi untuk memperbaiki elastisitas kulit dan membantu pembentukan kolagen. Bahkan mampu dipakai untuk meluruhkan racun dalam tubuh lho. Nggak cuma itu, mentimun juga bisa meminimalisir adanya mata panda atau kantung mata. Nah, sayang banget ‘kan jika dibuang dan nggak disantap?

13. Kacang-kacangan

Kacang almond untuk diet

Advertisements

Photo via cookist.com

Siapa bilang mengonsumsi kacang mampu membuatjerawatan? Kacang-kacangan ternyata juga menjadi masakan yang bermanfaat untuk menolong kesehatan kulitmu kok. Kacang-kacangan ini kaya akan protein yang mampu membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. Kulitmu pun akan lebih halus dan lentur.

Salah satu pola jenis kacang-kacangan yang mampu kamu konsumsi yaitu kacang walnut atau kacang kenari. Makanan untuk kulit sehat yang satu ini kaya akan kandungan omega-3 dan omega-6. Zat-zat gizi tersebut bisa mengurangi iritasi dan peradangan balasan abses lho.

Advertisements

Kemudian, kacang walnut pun memiliki kandungan zinc yang bisa membunuh basil penyebab nanah. Lalu, ada pula vitamin E dan selenium selaku antioksidan yang mau mencegah kulit dari kerusakan. Nggak hanya kacang kenari, kamu tetap bisa mengonsumsi kacang lain sebagai makanan untuk kulit sehat kok.

14. Buah jeruk

Jeruk

Jeruk

Advertisements

Seperti kamu tahu, jeruk memang populer akan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Maka dari itu, buah yang satu ini juga pantas kamu jadikan selaku bahan masakan untuk kulit sehat. Mengonsumsi makanan yang tinggi vitamin C mampu mengurangi kerutan akibat penuaan dan mencegah kulit menjadi kering.

Selain itu, jeruk juga kaya akan air yang bisa membantu menghidrasi kulit dan menangani stretch mark lho. Kulit pun akan lebih sehat dan kenyal sebab jeruk pun mempunyai kandungan antioksidan yang menangkal dari kerusakan. Jeruk mampu dikonsumsi secara pribadi maupun dimasak kok, seperti dibuat jus contohnya.

15. Susu

Susu

Advertisements

Susu

Makanan untuk kulit sehat yang recommended selanjutnya ialah susu. Susu nggak hanya terkenal kaya akan kalsium namun juga mengandung vitamin D. Vitamin D anggun untuk kesehatan kulit alasannya adalah bisa menangkal terjadinya penuaan dan kulit kusam. Vitamin D ini selain dari susu juga mampu kamu dapatkan dari materi masakan seperti salmon dan makarel.

Kalau secara alami sih, untuk mengaktifkan vitamin D, kamu perlu berjemur di bawah sinar matahari. Namun berjemurnya nggak terlalu usang. Gimana? Pasti kau suka konsumsi susu dan produk olahannya dong?

Advertisements

Itu ia beberapa materi kuliner untuk kulit sehat yang akan menolong melindungi kulitmu dari dalam. Sebab apa yang kamu makan, niscaya akan berpengaruh pada kesehatan tubuhmu kok. Selain mengonsumsi masakan di atas, jangan lupa untuk selalu makan dengan bahan makanan yang bermacam-macam dan cukup alias nggak berlebihan. Oh ya, jangan lupa juga gunakan skincare dan bodycare secara rutin, ya!

Referensi:

Advertisements
  • Bagikan